About Me

My Photo
Brahms Audiansha
Dipanggil Audi mahasiswa School of Business and Management Institut Teknologi Bandung (SBM-ITB). Dari lahir tinggal di Jakarta. Sekarang kuliah di Bandung kota yang tepat sebagai tempat pencarian jati diri. Audi adalah pria simple yang tidak macam-macam Hidup yang lurus-lurus. Jujur dan setia. Baik dan bijaksana. Mapan (Insya Allah) dan bersahaja. Sehat dan jauh dari narkoba. Yeah! Please don't puke haha
View my complete profile

Friday, February 13, 2009

7 Tata Krama Facebook

Oke seperti yang kita tau facebook adalah situs yang sangat terkenal dan digunakan oleh jutaan orang sekarang ini. Malah facebook menjadi situs yang memiliki jumlah foto terbanyak mengalahkan situs upload seperti flickr photobucket dll. Facebook merupakan situs sosial yang membantu kita untuk berhubungan dengan orang-orang yang kita kenal baik dekat maupun jauh dan membuka kembalik media komunikasi bagi kerabat kita yang sudah entah dimana. Tapi seperti yang kita ketahui dan saya yakin dirasakan oleh banyak orang juga, facebook kadang kadang membuah hidup jadi lebih susah!! Yak ini sangat dirasakan oleh gw. Makanya untuk beberapa saat ini gw sangat pasif untuk buka facebook. Karena di facebook tersedia informasi informasi yang kadang-kadang tidak kita inginkan. Seperti foto-foto, comment, wall, yang bisa bikin kita penasaran, beratanya-tanya, curiga, dan yang paling parahnya TIDAK TENANG. Hahahaha.

Oke gw baca majalah Tempo edisi 9-15 Februari 2009 di kamar gw hari ini (gw cuma baca majalah di Jakarta soalnya di Bandung ga langganan) dan gw mendapatkan informasi bahwa banyak kejadian-kejadian kriminal yang disebabkan oleh beberapa hal kecil di Facebook. Seperti ada 2 orang laki-laki di inggris yang dihukum penjara seumur hidupa karena membunuh istri mereka yang merubah status mereka dari 'married' ke 'single'. Whaat??? Separah itu kah?? Yah facebook mungkin kadang-kadang memang membangkitkan kecemburuan yang sebenernya tidak jelas gara-gara apa. Mungkin karena kehidupan kita di tonton oleh ribuan teman kita makanya hal seperti itu sangat dapat mempengaruhi emosi kita. Well gw sangat mengerti sih.

Oke dari artikel yang gw baca di Tempo tadi gw membaca 7 Tata Krama di Facebook yang mungkin aja bisa menghindari kita dari masalah-masalah sosial di dunia nyata dan menjaga privasi kita. Gw rasa ga ada salahnya gw tulis disini untuk membantu kita semua dalam bergaul di dunia maya.

1. Jangan bermain-main dengan "Relationship Status". Banyak masalah yang muncul dari sini!

2. Bedain "Wall" sama "Message". Kalo cuma halo-halo apa kabar aja kita bisa pake fitur message di facebook.

3. Jangan menceritakan secara terbuka pengalaman buruk ataupun affair anda dengan seseorang, baik melalui foto, video, maupun komentar di "Wall". Wall bukan tempat curhat boy

4. Agar tidak ribut, hindari meng add kekasih baru mantan pacar, istri, atau suami anda.

5. Jika ingin meng-add bekas pacar, istri, atau suami sahabat dekat, sebaiknya bilang dulu ke teman Anda itu

6. Lebih baik pakai perantara jika ingin meng add orang yang belum pernah anda kenal

7. Jangan membuat account palsu untuk "ngerjain" bekas pacar atau orang yang Anda benci.


Setelah dibaca-baca etiket untuk berfacebook ini ada benernya juga. Dan gw rasa perlu kita ikutin supaya kita terhindar dari masalah-masalah yang merugikan diri kita sendiri. Tapi setelah gw pikir-pikir, penting banget ya si Facebook ini? Ckck

Semoga berguna!

Adios!

3 Comment(s):

GrimmJaw said...

Kalo yang jenis2 Kuf Kuf gitu masuk ke yang mana Di?

a. sarahayu said...

setujulah gue di. kadang facebook malah jd nambah2in masalah. haha. suka bikin tertekan aja isinya :D

ifadardin said...

Hahaha apalagi kalo baru putus, profile mantan adalah page kedua terfavorite setelah profile sendiri. Padahal waktu jaman pacaran aja jarang dibuka.