About Me

My Photo
Brahms Audiansha
Dipanggil Audi mahasiswa School of Business and Management Institut Teknologi Bandung (SBM-ITB). Dari lahir tinggal di Jakarta. Sekarang kuliah di Bandung kota yang tepat sebagai tempat pencarian jati diri. Audi adalah pria simple yang tidak macam-macam Hidup yang lurus-lurus. Jujur dan setia. Baik dan bijaksana. Mapan (Insya Allah) dan bersahaja. Sehat dan jauh dari narkoba. Yeah! Please don't puke haha
View my complete profile

Tuesday, December 9, 2008

Idul Adha di Rumah Pintar Satoe Indonesia (Papakmanggu, Ciwidey)

Halo! Kembali lagi gw akan posting mengenai hari-hari gw di Ciwidey tepatnya di Rumah Pintar Papakmanggu. Gw berangkat ke Ciwidey segera setelah gw sholat ied di deket kosan dan nyampe disana sekita jam 8 lewat dikit. Gw sendirian kesana sedih ya? Hahahaha. Tujuan posting ini biar pembaca sekalian bisa lebih jelas mengenal kegiatan Community Development yang dilakukan oleh mahasiswa mahasiswi SBM-ITB di daerah Ciwidey sana. Untuk detailnya langsung aja kunjungin websitenya disini.

Photobucket
Yak ini adalah foto gw dengan para pengurus rumah pintar di Papakmanggu.

Pertama-tama mungkin gw akan mejelaskan tentang kegiatan di Rumah Pintar. Rumah pintar adalah sebuah bangunan yang menjadi sentral dari semua kegiatan Community Development Satoe Indonesia di daerah tempat berdirinya. Didalamnya terdapat berbagai macam kegiatan dari mulai pembelajaran untuk anak-anak (bahasa inggris, komputer, tataboga, kesenian, dll) dan juga untuk dewasa (pelatihan tentang berbagai hal seperti kesehatan, keterampilan, kesenian, dan keahlian). Rumah pintar di daerah Papakmanggu di kelola oleh masyarakat setempat yang lebih dikenal dengan sebutan Pengurus Rumah Pintar (pengurus rupin). Untuk di daerah Papakmanggu pengurus rumah pintar di koordinatori oleh Kang Rahmat sedangkan untuk Rupin Gambung oleh Kang Maman. Sedangkan gw disini bertanggung jawab sebagai person in charge di rupin Papakmanggu dengan anggota Julian, Nindi, Fikar, dan Ratna. Kalau rupin Gambung PIC nya adalah Icang dengan anggota Vita, Vira, dan siapa lagi gw lupa. Haha. Kegiatan pembangunan masyarakat dalam aspek ekonomi juga menjadi tujuan dari Satoe Indonesia. Berbagai macam upaya telah dikerahkan untuk menumbuhkan semangat entrepreneurship dari mereka. Pada saat ini rumah pintar Papakmanggu sedang mengembangkan usahanya dalam bidang ternak ayam (gambar nyusul). Dan diharapkan kedepannya makin banyak usaha-usaha yang dapat muncul berdasarkan inovasi dan prakarsa dari masyarakat desa Papakmanggu sendiri.


Ini adalah salah satu kegiatan pembelajaran di Rumah Pintar yaitu komputer dimana mereka diajarkan menggunakan Mircosoft Office dan pengenalan komputer lainnya. Di Papakmanggu belom masuk internet makanya mereka belom bisa diajarin menggunakan Internet. FYI ada yang nyengir gede banget sambil ngeliat kamera itu namanya Uden. Dia itu anak paling bandel yang pernah hidup di dunia menurut gw. Yah semoga dengan program Rumah Pintar ini dia bisa terhindar dari prilaku-prilaku kriminal kelak dewasa nanti. Hahahahahaha. We love Uden!

Photobucket
Kalo yang cewe pada demen baca buku cerita. Tersedia banyak buku lho di Rupin!

Dan pada hari ini telah dilaksanakan kegiatan Kurban yaitu berupa pemotongan satu ekor sapi. Gw disana menjadi saksi pelaksanaan pemotongan sapi atas nama kegiatan Satoe Indonesia tersebut. Tadinya gua yang disuruh motong sapinya. Udah gila kali ya orang-orang. Alhasil gw cuma berani motong daging dagingnya aja. Itu aja udah bikin eneg bgt haha. Sori nih bukannya manja tapi gw emang punya ketakutan yang tidak bisa dijelaskan dengan hal-hal yang berbau binatang. Setelah motong-motong daging si sapi, acara dilanjutkan dengan penyerahan daging sapi secara simbolis dari pihak SI kepada pihak rumah pintar yang kemudian di lanjutkan dengan pembagian daging sapi kepada warga sekitar.

Photobucket
Yak ini adalah sapinya yang akan dipotong!

Photobucket
Ini pas penyerahan daging hasil Kurban dari pihak Satoe Indonesia yang diwakili oleh gw kepada Rumah Pintar yang diwakili oleh kang Rahmat. Gw ga kuat menahan ketawa pas difoto gara-gara digodain mulu ama si Kang Rahmat

Setelah itu gw langsung pergi sama Kang Rahmat untuk ngeliat kegiatan ternak ayam yang sudah berjalan. Dan pas gw kesana ternyata hasilnya sangat bagus dan menjanjikan. Setelah mengikuti pelatihan ternak ayam para pengurus rumah pintar jadi mendadak jago banget urusan ayam mengayam haha. Semua pertanyaan gw dijawab mulai dari tentang flu burung sampai lain lainnya. Gw mau masuk kandangnya aja harus disemprot pake disinfektan dulu. Wah bagus bagus berhubung gw lagi sakit batuk siapa tau nanti si ayamnya bisa ketularan batuk (ga lucu monyet!) hahaha.

Photobucket
Oke kan ternak ayamnya? Hahaha. Ada 5000 ekor anak ayam yang natinya bakal terus dikembangbiakkan. Mohon doanya semoga ayam-ayam ini subur dan bisa membantu perekonomian warga sekitar!

Mungkin segitu aja dari gw buat sekilas tentang kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa SBM-ITB melalui organisasi Satoe Indonesia. Nantinya kalau ada kegiatan-kegiatan baru bakal langsung gw update sebisa mungkin. Hahaha. Tetap semangat!

Kalau ada pihak yang mau bekerjasama dengan pihak Satoe Indonesia bisa langsung hubungin gw lewat email atau tinggalin comment aja disini. Kami sangat membutuhkan bantuan dan kerjasama beruba buku-buku (mulai dari cerita anak-anak,pelajaran,pelatihan dll. Pokoknya buku apa aja deh boleh disumbang asal jangan buku porno aja)

Adios!

2 Comment(s):

Stya said...

bravo untuk satoe indonesia
terus semangat ya..!!

kirim cerita n fotonya ke indopin@indonesiapintar.or.id donk..!! biar bisa di tampilin di website indonesiapintar sebagai berita :)

ditunggu ya!!

Thia said...

Hey Audi..salam kenal:)
gw Thia, pernah jadi astor mobil pintar thn 2006 (organized by SBM juga). Idul adha taun ini ada kurban di Rupin lagi gak? pgn ikutan dunk sekalian silaturahmi..gmn caranya ya?? thank u:D